BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Cara menganalisis dan
memperbaiki kerusakan mesin pendingin (kulkas) “lemari es”, terlebih
dahulu kita harus mengetahui keadaan mesin pendingin yang bersangkutan. Setelah
mengetahui keadaa mesin pendingin itu, selanjutnya dilakukan pemeriksaan.
Pada umumnya gangguan
pada kulkas dan freezer terjadi disebabkan oleh kebocoran pada bagian
pipa-pipanya, terlalu berlebihan dalam pengisiannya gas freon, konsleting pada
kumparan motornya, dan kekurangan dalam pengisian gas freon, dan kebocoran
kompresor, adapun kerusakan yang sering terjadi pada kulkas satu pintu
diantaranya:
1.
Kulkas
Mati Total
Kulkas mati total adalah ketika semua komponen pada
kulkas mati dalam waktu yang bersama-sama, hal ini disebabkan oleh aliran listrik
yang tidak masuk pada komponen yang ada dalam kulkas.
2.
Kulkas
Tidak Dingin
Kulkas tidak dingin dapat disebabkan oleh beberapa
hal seperti : terjadi kebocoran refrigran, kompresor mengalami kerusakan,
listrik tidak masuk ke kompresor, PTC rusak, overload rusak, buntu, pintu
kulkas tidak tertutup rapat.
3.
Freezer
Dingin Tidak Merata
Freezer dingin tidak merata hal ini disebabkan oleh
aliran refrigran yang tidak lancar karena disebabkan oleh beberapa hal seperti:
tersumbatnya system refrigran, kompresor sudah tidak dapat bekerja maksimal,kekurangan
oli, refrigran berkurang, terhambatnya pembuangan panas pada kondensor,
evaporator kotor, suhu lingkungan yanf terlalu tinggi.
4.
Freezer
Dingin Tidak Maksimal
Freezer dingin tidak maksimal biasanya ditandai
dengan es yang ada pada freezer mencair dan tidak bias membeku kembali hal ini
disebabkan oleh terlalu banyak beban yang ada dalam freezer, pada evaporator
terdapat oli/kotoran, pengatur suhu mengalami kerusakan, overload rusak.
5. Mesin
Kulkas Tidak Bekerja
Sedangkan saat socket
ditancapkan pada stop kontak PLN mesin kulkas tidak bekerja sama sekali ini
menandakan adaya kerusakan pada mesin kulkas. Motor tidak terdengar gerakannya,
kompresor pun demikian ini. Jika menjumpai kerusakan-kerusakan yang demikian
ini, maka perlu diadakan perkiraan atau dugaan untuk mengetahui penyebabnya.
Umumnya, jika kulkas tidak bekerja meskipun kabel sudah tersambung ke stop
kontak mungkin disebabkan oleh hal-hal berikut.
a. Starting pada kapasitorterbuka
b. Overload terbuka
c. Kontak pada relay terus terbuka
d. Ada kabel socket yang putus
e. Open sircuitnya pada strating wing tidak
berkerja sama sekali.
Inilah masalah - masalah yang sering muncul pada
kasus selama saya praktek.
1.2
Rumusan
Masalah
Dari sekian banyak masalah yang
ada, maka muncul pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran saya, diantaranya :
1. Bagaimana
cara memeriksa kerusakan pada lemari kulkas ?
2. Bagaimana
cara memperbaiki kompressor kulkas ?
3. Alat-alat
apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas?
1.3
Tujuan Penulisan
1.
Mengetahui bagaimana cara memeriksa kerusakan pada
lemari kulkas
2.
Mengetahui bagaimana cara memperbaiki kompressor kulkas
3.
Mengetahui
alat-alat yang harus dipersiapkan
untuk mengganti Kompressor kulkas
BAB II
CARA MEMERIKSA
KERUSAKAN LEMARI ES
2.1.Cara Mengatasi Mesin Kulkas Tidak Bekerja
Apabila diduga ada kabel saluran menuju stop kontak yang terputus maka
langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.
a. Memeriksa
sambungan kabel dalam socket. Biasanya gangguan ada di daerah ini dengan terputusnya
kabel.
b. Memeriksa
seluruh permukaan kabel mulai dari jack sampai ke mesin pendingin.
c. Memeriksa
pula saluran yang menuju atau yang menempel pada dinamo. Mungkin pada
tap-tapnya terlepas.
Apabila diduga gangguan pada overload, biasanya tegangan menjadi turun
bahkan lenyap sama sekali. Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain.
a. Memeriksa
sumber tegangan.
b. Mengukur
dengan menggunakan multitester untuk mengetahui tegangan yang masuk apakah
sesuai dengan kebutuhan mesin pendingin.
c. Mencari
lokasi yang menyebabkan tegangan arus listrik menjadi menurun.
Kulkas tidak bekerja disebabkan pula karena starting kapasitor terbuka.
Untuk melihat ini perlu memeriksa kapasitornya. Jika ternyata sudah aus, maka
harus diganti dengan yang baru. Jika putus, cukup disolder. Selain itu, mungkin
relay kontak terus membuka sehingga arus listrik tidak bisa mengalir. Ini dapat
mengakibatkan dinamo tidak mendapatkan tenaga dan tetap mati. Langkah-langkah
yang perlu dilakukan saeperti berikut.
a. Memeriksa
kabel-kabel pada relay yang bersangkutan.
b. Memeriksa
plat-plat apakah masih berfungsi.
c. Memeriksa
sistem pengaturan, apakah normal.
Apabila mesin pendingin atau kulkas tidak jalan mungkin juga sircuit pada
startingnya mengalami gangguan, tindakan yang harus dilakukan pemeriksaan bagian
ini untuk memastikan dugaan. Jika memang terdapat gangguan perlu dilakukan
perbaikandengan cara pengaturan yang disesuikan dengan petunjuk.
Gangguan lain pada mesin pendingin dapat berupa suara berisik. Apabila
dijumpai kulkas yang menimbulkan suara berisik hendaknya jangan dibiarkan.
Kalau dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan akan mempengaruhi unit
lainnyasehingga timbul kerusakan baru. Sebaiknya diperiksa.
Kemungkinan-kemungkinan suara berisik pada mesin pendingin disebabkan oleh
hal-hal berikut.
• pipa yang
berhimpitan dengan cabinet,
• sekrup atau
baut yang kurang keras atau terlepas,
• kerusakan
pada fan, dan
2.2.Cara Memeriksa Kompressor Kulkas
Dalam
sebuah sistem pendingin seperti AC, Kulkas, Freezer, Chiller, Show case dll
Kompresor adalah sebuah komponen vital yang berfungsi mensirkulasi kan Gas
Refrigerant. jika kompresor mengalami gangguan atau mengalami kerusakan, pada
umumnya pemilik enggan untuk mengganti komponen ini dengan yang baru, dengan
harga yang cukup tinggi dipasaran, harga kompressor kulkas 1 pintu saja bisa
dibandrol tidak terpaut jauh dengan harga beli kulkas bekas yang masih layak
pakai.
Ada
beberapa jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki dari alat ini seperti
kerusakan gulungan elektro motor nya dan kerusakan mekanis, kerusakan gulungan
tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk kerusakan mekanis seperti piston,
reed valve dll, sayang untuk kompresor ukuran kecil tidak ada spare part baru
yang dijual, sehingga kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan kompresor
lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita harus membelah kompresor
tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan bersih.
Agar tidak ribet dan mesti merogoh kocek
terlalu dalam jika suatu hari kulkas anda mengalami hal yang tidak diharapkan,
lebih baik menyimak tips dari saya tentang cara memeriksa kondisi
"kesehatan" kompresor kulkas anda, siapa tahu bermanfaat.
- Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor
bagian 1 Biarkan kulkas dalam keadaan on,siapkan peralatan utama seperti
Obeng, Tang, Multi tester dan jika ada clamp meter.
- Setting clamp
meter (biasa disebut tang ampere) pada posisi pengukuran ampere, selipkan
kabel yang terhubung dengan overload switch kedalam lingkar clamp meter
dan perhatikan hasil pengukuran nya harus lebih rendah atau sama dengan
data spesifikasi yang tertulis dari pabrik kulkas tadi, misalkan jika
tertulis "current : 0,6amp" maka hasil pengukuran harus sama
atau sedikit lebih rendah tetapi jika melebihi silahkan periksa tegangan
listriknya dulu apakah sesuai kebutuhan (220v) atau tidak, jika suara yang
ditimbulkan kompressor lebih kasar pun bisa berakibat naiknya arus ampere
yang terukur.
- Setting multitester pada posisi
pengukuran arus AC,dengan pen pengukur multitester pertama dihubungkan
kelantai kemudian yang lainnya ke body kompresor (pastikan kebagian
kompresor yang tidak dicat misalkan baud ground di kompresor atau pipa
tembaga nya, lihat apakah ada tegangan yang terukur di multi tester hasil
dari langkah tadi, jika tidak ada berarti gulungan dalam keadaan baik
Mengecek gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 2.
- Matikan
kulkas dengan mencabut steker dari stop kontak bukalah penutup soket
listrik kompresor yang berada biasanya di sisi kiri atau kanan kompresor
(lihat gambar) lepaskan relay dan overload dari soket nya.
- Setting multi
tester pada posisi pengukur ohm. tempel kan pen multitester ke body
kompresor dan yang lainnya hubungkan ke 3 buah soket yang terdapat pada
kompresor satu persatu, jika tidak ada sama sekali resistansi dari ketiga
soket ini yang terukur berarti elektro motor kompresor benar-benar dalam
keadaan baik.
- Mengecek
gulungan elektro motor di dalam kompresor bagian 3 masih pada ke 3 Pin
atau soket yang terdapat pada kompresor dan multitester pada posisi ohm
meter, ukurlah ketiga soket ini dengan cara soket tempat overload
tertancap menjadi soket utama atau misalkan soket C (biasanya berada
paling atas atau paling bawah / tidak berdampingan) dihubungkan dengan
soket S dan kemudian C lagi dengan R, dari hasil pengukuran ini harus didapat
resistansi antara 15 sampai 25 ohm untuk pengukuran dari C (common) dengan
R (running) dan 20 sampai 40 ohm untuk C (common) dengan S (start), jika
hasil pengukuran adalah 0 ohm bahkan lebih tinggi berarti lilitan/gulungan
elektro motor konslet/rusak atau terputus.
BAB III
CARA PENGGANTIAN
KOMPRESSOR KULKAS
3.1
Cara
Penggantian Kompressor Kulkas
Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas
compressor/pk lemari es yang akan anda ganti, sebaiknya anda mencatat kode/typy
lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut.
Bila compressor yang akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan
membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal, perlu juga anda
ketahui pengisian Freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian Freon
pada ac split
Hal ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler
yang ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yang digunakan pada ac split dan ac
window, pipa kapiler yang berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan
aliran Freon jika ada kotoran yang terbawa pada saat Freon mengalir, ganti
strainer dan pipa kapiler dengan yang baru¸ semua ini dilakukan untuk
mengantikan compressor yang rusak dengan compressor yang baru.
Alat yang dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari
es adalah :
1.
Alat – alat pengelasan yaitu tabung LPG dan tabung
Oksingen
2.
Manifold
3.
Freon 12 atau Freon 134A tergantung pada data
spesifikasi yang ada pada lemari es
4.
Pentil pengisian Freon
5.
Perak/kawat las tembaga
6.
Pemotong pipa / cutter
7.
Flare-nut/flereng
8.
Tools/kunci perkakas
Compressor
lemari es ada dua macam yaitu :
1.
Compressor piston
2.
Compressor rotary
Compressor
piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari
es dua pintu ada juga yang memakai compressor jenis rotary. Dalam hal kwalitas
sudah jelas compressor jenis pistonlah yang paling handal dibandingkan dengan
compressor jenis rotary.
Saya
pernah menggantikan compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama
sampai hari ketiga, lemari es tidak asa masalah(dalam keadaan dingin/normal).
Pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran Freon pada pipa kapiler
yang menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep
compressor. Mau tidak mau saya harus mengganti compressor yang rusak itu dengan
compressoryang baru kembali, tapi tidak saya ganti dengan type compressor yang
sama, saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus
membuat dudukan tambahan karna ruwang dudukan compressor rotary yang begitu
sempi, karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi
horizontaldalam penempatannya. Compressor pistonpada lemari es,pipa keluarnya ada yang tiga buah dan lima buah. Adapun
pipa-pipa yang keluar tiga buah adalah:
§
satu pipa tekan/disgcharge.
§
satu pipa hisap/suction. Satu pipa untuk pengisian Freon.
Pipa-pipa yang keluar lima buah adalah:
§
Satu pipa tekan/discharge
§
Satu pipa hisap/suction
§
Satu pipa untuk pengisian Freon.
§
Dua pipa untuk pendinginan oil
compressor yang terletak pada bagian
bawah compressor.
Sebelum kita melepaskan compressor
yang rusak yaitu dengan cara memanas kan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap
dengan menggunakan alat pengelasan. Sebelum anda melakukan pelepasan pipa yang
berada di bagian compressor, cabut kabel-kabel yang menuju ke compressor dan
pasikan Freon pada system pendingin/lemari es,sudah anda buang!!!semuanya.
yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8(panjang sekitar 10 cm)
yang berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian Freon.
Setelah compressor terlepas dari
dudukannya pasang compressor yang baru, bila compressor yang anda ganti
menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yang menuju ke terminal
compressor,jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabelyang menuju ke
compressor. Saya sarankan sebelum melakukanpegelasan,coba dulu menjalankan
compressor.sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami
kerusakan/macet kita tidak dapat mengembalikanya kembali.
Bila compressor dapat beroprasi barulah anda melakukan pengelasan pada
pipa tekan dan pipa hisap.bila jalur pipa tekan terbuat dari besi,swaktu anda
mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa teka
tembagayang keluar dari compressor.setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan
sudah selesai,beralih pada pengelasan pentil pengisian Freon.
sewaktu melakukan pengelasan pentil,buka pentil agar seal/karet tidak
meleleh terkena hantaran panas,setelah terpasangdan lap dengan kain basah agar
hawa panaspada pentil menghilang,setelah itu pasang kembalipentil seal dan
kencang kan.beralih ketahap pemasangan strainer,terserah anda mau memakai
strainer isi silica gel strainer kosong/tanpa isi silica gel.strainer,lubang
pengeluaran untuk pipa kapiler ada yang 2 lubang dan 1 lubang (yang dua lubang
satunya buat vakum,pasang kapiler 10cm dan ujungnya biarkan terbuka dengan
jelas.)
bila pipa kapiler yang berada pada lemari es anda tidak dapat
diganti/heat exchanger(pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction)dan
pipa mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan
evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya
luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.
Pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler
dipress didalam body lemari es tersebut. Bila anda ingin mengganti ppa kapiler
bias lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik,
tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa condenser. Jadi jalur pipa suction dan
pipa kapiler berada diluar body lemari es.
Setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es
dengan mesin vakum sampai 300 bila anda tidak mempunyai mesin vakum,
lakukan vakum melalui lubang strainer, bila sudah divakum dan jarum pada
manifold tidak naik keatas bearti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa
dicompressor, strainer dan pipa kapiler yang baru saja and alas. Tapi bila
jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai
ketemu kebocoran tersebut.
Setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, bukakran
manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yang ada pada
manifold dan isi Freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20
psi, kemudian stop. ( lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi
agarcompressor tidak cepat panas ) chek juga ampere compressor dengan clamp
meter/tang ampere
Liat sudah berapa tekanan Freon yang sudah kita isi, sambil mendengarkan
apakah ada desiran aliran Freon dievaporator. Bila ada berarti aliran Freon
berjalan lancer, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk
lemari es satu pintu) untuk lemari es dua pintu kita bias melihatnya dari
hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti
proses pendinginannya sudah maksimal.
Untuk pengisian Freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan
mudah seperti mengisi Freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila
ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran Freon mengalami kebuntuan.
Untuk mengetahui lemari es yang mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan
pengisian Freon dan manifold sudah menunjukan tekana 10 psi lalu cabut steker
lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi, bila
jarum dapat naik keatas berarti aliran Freon pada system berjalan lancar.
Jenis kerusakan lainnya sering kita jumpai adanya gangguan pada
kompresor, yaitu tidak bisa distart dan seringkali terdengar suara mendengung.
Kerusakan ini mungkin disebabkan oleh perawatan dan pemakaian yang salah,
penurunan arustegangan listrik yang masuk ke mesin motor (dinamo), kapasitor
starting yang terbuka, relay kontak yang terus terbuka, open sircuit pada
starting winding, dan kumparan (spoel) korsleting dengan body, tekanan
kompresor yang baik melebihi batas, kompresor yang macet, dan kerusakan pada
kapasitor starting. Untuk mengatasi kerusakan ini antara lain perlu dilakukan
pemeriksaanyang telititerhadap sistim kelistrikan dan alat-alat yang berkaitan
tersebut.
3.2 Alat-alat
yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas
Pertama – tama siapkan peralatan untuk membelah mein compressor kulkas
1.
Obeng
2.
Bermacam tang
3.
Gergaji
4.
Compressor yang mau dibelah/ dioperasi
5.
Siapkan compressor dan lihat secara
jeli bagian mana yang akan kita belah.
6.
Inilah bagian-bagian compressor yang telah
dibelah, terlihat sekat-sekat dalam compressor
7.
Inilah bagian sekat compressor
8.
Ini bagian as dan seker pada
compressor
BAB IV
PENUTUP
Kesimpula
Gangguan pada
mesin pendingin dapat berupa suara berisik. Apabila dijumpai kulkas yang
menimbulkan suara berisik hendaknya jangan dibiarkan. Kalau dibiarkan
berlarut-larut akan mempengaruhi unit
lainnya sehingga timbul kerusakan baru. Sebaiknya diperiksa,
kemungkinan-kemungkinan suara berisik pada mesin pendingin disebabkan oleh
hal-hal berikut: pipa yang berhimpitan dengan cabinet, sekrup atau baut yang
kurang keras atau terlepas, kerusakan pada fan dan kerusakan pada compressor.
Ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa diperbaiki dari kompressor
seperti kerusakan gulungan elektro motor nya dan kerusakan mekanis, kerusakan
gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk kerusakan mekanis seperti
piston, reed valve, sayang untuk kompresor ukuran kecil tidak ada spare part
baru yang dijual, sehingga kita hanya bisa menggantinya dari hasil copotan
kompresor lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita harus membelah
kompresor tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan bersih
Alat yang dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari
es adalah :
Alat – alat
pengelasan yaitu tabung LPG dan tabung Oksingen, Manifold, Freon 12 atau Freon
134A tergantung pada data spesifikasi yang ada pada lemari es, pentil pengisian
Freon, perak/kawat las tembaga, pemotong pipa / cutter, obeng, tang, dan
gergaji besi.
Artikel yang sangat lengkap sekali, semoga setelah membaca artikel ini saya bisa mengatasi kerusakan kerusakan yang terdapat di mesin pendingin, terutama di bagian kompresor ac. Terima Kasih gan,
BalasHapusRusaknya kompresor ac kulkas membuat kita pusing kepala, apalagi kalau orang awam dengan mesin pendingin seperti kulkas, mau engga mau kita harus memanggil jasa servis kulkas, agar bisa ditangani dengan baik.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus